Sabtu, 28 April 2012

Buku Pegangan Mahasiswa Kedokteran

Sobotta, Atlas Anatomi
Tadinya bingung, posting kali ini mau saya isi apa ya. Muter sana sini, muterin rumah, eh ternyata udah dapat 7 putaran. Semakin bingung, akhirnya saya memutuskan untuk membuka laptop dan berharap ide muncul. Yes! akhirnya dapet juga lol.

Terpikir di otak saya tentang buku apa yang nanti bakalan saya pegang, kalau bener-bener kuliah di FK (aamiin). Berhubung ayah saya juga seorang dokter, tentu beliau juga punya buku-buku kedokteran. Tapi ketika saya lihat-lihat, buku-bukunya tergolong "jadul". Buku yang penampilannya paling wah cuma ada beberapa, seperti atlas anatomi Sobotta beberapa edisi.

Dan di zaman sekarang, mungkin buku-buku tersebut sudah jarang digunakan. Zaman globalisasi seperti sekarang ini, buku bertaraf internasional lebih banyak digunakan. Dan sepertinya Buku Sobotta itu adalah satu-satunya buku berbahasa Inggris yang dimiliki ayah saya.

Penasaran, akhirnya saya memutuskan untuk mencari info di internet. Dan saya nyasar di kaskus! saya menemukan thread yang pas dengan keinginan saya (klik sumber). Thread ini membahas tentang buku apa saja yang wajib dipunyai mahasiswa kedokteran. Dan thread ini dibuat Desember 2009, tidak terlalu jauh kan? Di posting saya kali ini, saya akan coba bahas lebih lengkap. Cekidot !

Yang penting disini adalah, textbook bukan satu-satunya sumber pembelajaran. Anda bisa mendapatkan pengetahuan tentang kedokteran di internet, sharing dengan teman sejawat atau langsung pada ahlinya (dosen). Textbook di masing-masing universitas bisa saja berbeda. Maka dari itu, sesuaikan dengan apa yang ada di universitas anda. Sesuaikan dengan textbook yang dipegang oleh dosen, dengan itu memudahkan anda dalam menghadapi tes.

Menurut pendapat yang ada di sumber, dapat saya simpulkan bahwa textbook dibagi menjadi 5. Itu adalah pembagian berdasarkan prioritas pemakaian. Berikut pembagiannya:
1. FISIOLOGI
2. PATOFISIOLOGI
3. ANATOMI
4. FARMAKOLOGI
5. HISTOLOGI

Berhubung saya masih belum pernah membaca bukunya langsung, jadi saya tidak berani memasang komentar atau review saya. Saya cuma share bukunya saja.

1. FISIOLOGI
Rata-rata mahasiswa mengatakan bahwa dalam kuliah fisiologi textbook sangat dibutuhkan. Dan textbook yang sering dipakai adalah textbook milik Guyton dan Sherwood


2. PATOFISIOLOGI
Dalam studi ini buku saku milik J. Corwin dan buku Harrison. Bahkan kebanyakan mahasiswa kedokteran mengaku buku Harrison ini sangat bermanfaat.


3. ANATOMI
Di bagian ini, buku Sobotta dan Netter yang sering dipakai. Menurut pendapat salah seorang kaskuser, Sobotta lebih unggul di bag. skeleton, sedangkan Netter di muskula nya.

Tapi apalah arti mereka tanpa cadaver. Cadaver adalah sejenis jasad yang sudah di formalin-kan dan berguna sebagai bahan ajar yang paling baik dan dekat kepada kita (sesuai dgn semboyan : mortui vivos docent - yang hidup belajar dari yang mati)



4. FARMAKOLOGI
Mahasiswa kedokteran, utamanya FKUI menggunakan buku Farmako FKUI sebagai pegangan mereka, tapi sekarang buku ini juga dipakai beberapa universitas lain. Sedangkan buku internasional yang digunakan adalah buku farmako milik Goodman & Gilman.


 5. HISTOLOGI
Histologi biasanya adalah ilmu yang diajarkan ketika baru masuk di fakultas kedokteran. Dan buku yang biasa digunakan adalah buku Leeson Paparo dan Atlas Histologi Di Fiore.


Terakhir nih !
Yang tidak boleh dilewatkan, Medical Dictionary. Hal ini sudah pernah saya posting sebelumnya (klik disini). Dalam mempelajari ilmu kedokteran, anda pasti akan menemukan beberapa istilah yang tidak anda mengerti. Maka dari itu, kamus kedokteran sangat dibutuhkan. Yang biasanya digunakan adalah Dorland Medical Dicitionary, baik yang pocket atau yang full version.



Tidak semua buku tersebut anda butuhkan. beli buku yang benar-benar anda butuhkan. Hal ini akan menghemat pengeluaran anda. Buku-buku kedokteran memang terkenal mahal. Tapi tenang, semua itu bisa disiasati. Anda bisa membeli buku yang bajakan atau fotokopi (tidak disarankan, hehe). Saya menyarankan anda membeli buku yang original, karena gambarnya lebih jelas dan biasanya di buku tersebut terdapat semacam kode PIN yang bisa digunakan ke website mereka.

Selain itu, masih ada internet yang bisa anda jadikan alternatif. Anda bisa search di internet, mendownload ebook kedokteran yang gratis, dan membuka kamus online. Jangan lupa share dengan teman-teman sejawat anda. Lumayan lho, kalau dapet pinjaman dari senior-senior atau teman kita.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Salam HOKI! 

5 komentar:

  1. Kak numpang tanya dong. Buku-buku itu semua ada versi ebooknya ya? Seharusnya lebih murah dari buku aslinya kan ya? Thx :)

    BalasHapus
  2. coba kunjungi alamat ini, semoga bermanfaat :)
    http://www.freebooks4doctors.com/index.htm

    BalasHapus
  3. www.cetakbukuimpor.com. Susah cari buku referensi atau jurnal internasional? Kami mencetak kembali textbook terbitan luar negeri dan paper dari jurnal internasional dengan harga murah, berwarna dan/atau hitam-putih dengan gradasi sehingga gambar masih jelas (bukan fotocopy). Textbook yang tersedia hampir semua jurusan dan spesialisasi mulai dari ekonomi, kedokteran, psikologi, teknik sipil, teknik industri, geologi, geofisika dll

    BalasHapus
  4. berapa kira-kira harga buku anatomi fisiologi
    http://www.idmedis.com

    BalasHapus