Jumat, 21 September 2012

MIKROSKOP

Berikut beberapa macam jenis mikroskop:

Mikroskop Medan Terang (Brightfield)


Adalah jenis mikroskop dimana medan yang mengelilingi obyek pada preparat tampak terang, sedangkan obyeknya memperlihatkan warna yang lebih gelap. Hal ini disebabkan sumber cahaya melewati sistem lensa ke atas tanpa mengalami perubahan sehingga terbentuklah medan yang terang

Mikrsokp Medan Gelap (Darkfield)

Ada;ah mikroskop dengan medan yang mengelilingi preparat kelihatan gelap gelap sedangkan obyek yang diamati tampak lebih terang dari backgroundnya. Hal ini disebabkan mikroskop medan gelap menggunakan kondensor khusus yang memiliki sudut apertura lebih besar dari lensa obyektif. Biasanya digunakan untuk mengamati bakteri yang hidup, khususnya yang sangat tipis.

Mikroskop Fase Kontras


Cahaya yang masuk spesimen sebanding dengan indeks bias refraksinya. Terdapat modifikasi lensa sehingga perbedaan derajat terang tembus dengan struktur selnya dengan lingkungan luar dapat dilihat jelas. Modifikasinya terletak di kondensor dan lensa obyektif.

Microscope Inverted

Mikroskop yang sumber iluminasinya dan kondensornya terletak di bagian atas mikroskop. Di bawah kondensor terdapat stage untuk meletakkan preparat. Lensa objektifnya terletak di bagian bawah meja mikroskop. Begitu juga dengan knob yang juga berada di bawah lensa. Umumnya lensa okuler berbentuk binokuler.

TEM (Transmisson Electron Microscope)

Adalah salah satu jenis mikroskop yang memanfaatkan adanya penemuan electron. Sesuai dengan namanya, mikroskop ini memanfaatkan electron dengan cara mentransmisikan electron sehinggan nantinya akan ditangkap oleh sebuah layar yang akan menghasilkan gambar dari struktur material tersebut. Secara mudahnya, TEM cara kerjanya mirip dengan cara kerja dari sebuah slide proyektor

Microscope Confocal
 
 Merupakan perpaduan antara mikroskop fluorosense dan mikroskop fase kontras yang menggunakan laser dan optik khusus untuk pembagian optis, hanya daerah fokus yang sempit yang dibuat citranya. Cahaya di atas dan di bawah bidang pandang akan tampak hitam dan bukaannya kabur. Dalam penggunaannya, spesimen diwarnai dengan fluorochrome supaya mereka memantulkan cahaya.


Beberapa perbadingan:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar