Jumat, 20 April 2012

Situs Referensi Mahasiswa Kedokteran

Jauh-jauh hari, saya sudah membayangkan bagaimana kalau nantinya saya benar-benar menjadi mahasiswa kedokteran. Tentunya saya akan membutuhkan sumber informasi dan referensi, demi kelancaran studi. Referensi itu bisa dari buku, jurnal kedokteran dan tentu internet. Opsi terakhir sepertinya akan menjadi pilihan utama saya, hehe.

Sejak saya mengenal internet, wikipedia selalu menjadi sumber referensi utama. Tapi gawatnya, wikipedia bukan sumber referensi yang dipercaya di kalangan universitas (katanya sih belum terjamin kebenarannya, karna bisa disunting oleh siapa saja). Dengan terpaksa, saya harus meninggalkan situs yang telah menemani selama ini T_T.

Berpaling ke situs lain ! yang lebih terpercaya :D
sampai saat artikel ini ditulis, penulis baru menemukan beberapa situs yang mungkin bisa membantu pembelajaran mahasiswa kedokteran.
langsung, cekidot !

1. WHO official site

  
Nah, siapa yang berani menyangsikan kevalidan dari situs ini? hahaha. World Health Organization alias Badan Kesehatan Dunia ini punya situs resmi yang dapat kita jadikan referensi. Tapi tentunya menggunakan bahasa internasional (agak susah ya). 

Di situs ini disajikan info kesehatan, dan isu yang berkembang di dunia. Semua informasi tersebut lebih kepada informasi yang umum, tidak terlalu njelimet. haha
yang mau visit, monggo http://www.who.int/



2. Alamat Resmi Kementerian Kesehatan RI


Selanjutnya adalah, Situs milik Kementerian Kesehatan Republik kita tercinta, Republik Indonesia ! (semangat banget lol). 
Disini banyak juga artikel tentang kesehatan, sama seperti WHO, depkes menyajikan info kesehatan yang sifatnya general. Selain itu, disini juga terdapat undang-undang tentang kesehatan yang berlaku di negeri ini.

yang mau visit, monggo http://www.depkes.go.id/ 


3. Medical Journal of Indonesia (Univ. Indonesia)


Universitas yang memiliki salah satu fakultas kedokeran terbaik di negeri ini, ternyata punya wadah tempat berkumpulnya jurnal-jurnal kedokteran. Saya yakin, semua jurnal yang masuk ke situs ini pasti telah teruji validitasnya (tidak ada yang meragukan kredibilitas UI, hehe).

Rata-rata jurnal di situs ini membahas ilmu kesehatan secara dalam, dan lagi-lagi menggunakan penyajian dalam bahasa inggris (rata-rata sih).
yang mau visit monggo http://mji.ui.ac.id/



4. Journal-Unair ( Univ Airlangga)

 Bukan UI aja, Unair juga punya kumpulan jurnal. Bedanya di situs ini, semua jurnal dari berbagai tema dijadikan satu. Ada jurnal kedokteran, psikologi, natural science, ilmu sosial ekonomi, dan hukum, lengkap deh.

Rata-rata jurnal-jurnal tersebut juga meggunakan bahasa inggris ! (yaaah, namanya juga zaman globalisasi)
yang mau visit, silahkan http://journal.unair.ac.id/ 

Semua referensi tadi, insya Allah valid ! So, bisa dijadikan acuan pembelajaran dan pembuatan laporan. Udah dapet 4 ya, lumayan lah. Nanti bakal saya update, kalau nemu sih :P
Salam Hoki !

(UPDATE 1) Saya akan menepati janji untuk memperbaharui artikel ini. Saya baru saja menemukan beberapa situs yang pas untuk anda jadikan referensi.

5. NIDDK - US Department of Health and Human Services

 NATIONAL INSTITUTE OF DIABETES AND DIGESTIVE AND KIDNEY DISEASES
Situs ini khusus memuat informasi dan referensi tentang penyakit pencernaan, masalah ginjal dan juga diabetes. Situs ini cukup informatif, saya sudah menjadikannya acuan di salah satu posting saya, hehe. Informasi yang disajikan, mudah untuk dipahami pembacanya sehingga pantas anda jadikan salah satu sumber referensi anda.

yang mau visit, monggo http://www2.niddk.nih.gov/

6. Medical Matrix
 Medical site ini adalah sumber dari banyak link online textbooks dari yang gratis hingga berbayar. Disini juga banyak terdapat link dari jurnal-jurnal kedokteran, Continuing Medical Education (CME) dan masih banyak lagi. 

Situs ini menawarkan link berdasarkan bidang, misal: kita mengklik Gastroenterology akan muncul textbook, jurnal kedokteran dan cme hanya tentang Gastroenterology. 
Yang mau visit, monggo http://www.medmatrix.org/ 

7. Medical Student
Anda telah menemukan gudang raksasa! Gudang yang berisikan textbook kedokteran yang free, link website yang informatif dan sangat membantu, link CME dan Board Exams, jurnal-jurnal kedokteran, program untuk handheld-computer, Professional Medical Organization dan patient simulator !
 
Situs ini layaknya paket lengkap untuk mahasiswa kedokteran.
yang mau visit, monggo http://www.medicalstudent.com/ 

 Akhirnya, terbayar juga janji saya hehe. Tunggu update selanjutnya ya?! Salam HOKI!

(UPDATE 2) - 28/08/2012



8. National Center for Biotechnology Information (NCBI)


NCBI
Terimakasih banyak buat mas doniapa, yang kemarin memberikan info penting buat buat blog ini :D . Tambah 1 situs baru ! NCBI (National Center for Biotechnology Information). "the National Center for Biotechnology Information advances science and health by providing access to biomedical and genomic information" , great site. 

3 komentar:

  1. Wah, makasih banyak gan. ane jadi terbantu :D ane juga ada situs nih gan NCBI- National Center for Biotechnology Information
    http://www.ncbi.nlm.nih.gov/

    salam kenal gan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama gan.. wah sip2 nanti aku tambah, makasih banyak ya ! :D

      Hapus
  2. mkasih bnyak tas infonya ,,,,
    sangat membantu saya dlm mncari literatur
    :)

    BalasHapus