Sabtu, 09 Juni 2012

Evaluasi I Admin: Penggunaan online Med-Dict di Tiap Artikel



Alhamdulillah sejauh ini saya sudah merelease 21 posting, dan tentunya saya perlu melakukan evaluasi. Evaluasi ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana kualitas tulisan-tulisan saya selama ini. Di samping itu, evaluasi ini juga akan menjadi tolak ukur, apakah tulisan-tulisan saya dapat dicerna dengan mudah oleh pembaca.

Dalam evaluasi ini, saya mencoba memposisikan diri saya sebagai seorang pembaca (bukan admin blog). Saya buka satu per satu, artikel dari bulan April sampai Juni. Saya baca dari awal sampai akhir, khususnya posting yang berisikan referensi. Mengapa? karena yang namanya referensi itu hendaknya berisi informasi yang berkualitas dan mudah diterima semua kalangan (dari awam hingga profesional).

Dan hasilnya, saya mendapati beberapa bagian yang harus saya perbaiki, diantaranya:

Evaluation
  1. Struktur kalimat yang kacau.
    Dikarenakan adanya kendala dalam penerjemahan referensi dari sumber aslinya yang berbahasa Inggris. Beberapa kalimat menggunakan bahasa Inggris yang belum dikuasai betul oleh admin.
  2. Adanya beberapa istilah yang kurang umum
    Istilah medis seperti: embolus, trombus, fibrilasi dsb; adalah istilah-istilah yang mungkin kurang bisa dipahami oleh orang-orang awam (mungkin termasuk saya).
  3. Tampilan dan Tata penulisan kurang rapi
    Pada beberapa posting, pengaturan paragraf, spasi antar paragraf kurang diperhatikan. Ini disebabkan karena adanya kendala di blogger saat penulisan artikel. Pengaturan gambar dan pemilihan warna dirasa cukup.
  4. Pengunjung Blog Sepi
    Sejak April, blog ini baru dikunjungi sekitar 400 kali. Sehingga, rata-rata 200x kali kunjungn per bulan (dihitung sejak April-Mei), atau 6,67 kali kunjungan per hari (1 bulan = 30 hari). Angka ini belum menunjukkan progres yang bagus.
  5. Pengelompokan Kategori yang kurang
    Sampai saat ini saya hanya menggunakan 3 label kategori , yaitu referensi, sharing, dan update. Hal ini mengakibatkan kurangnya kespesifikan artikel-artikel saya.
Masalah-masalah tersebut menuntut saya mengambil langkah improvement. Tapi rasanya sulit jika saya harus langsung membereskan kelima masalah tersebut dalam sekali tebas. Harus ada poin yang saya prioritaskan. Oke, coba mari kita kaji.
  1. Struktur kalimat yang kacau, sebenarnya masih bisa saya atasi. Tetapi yang jadi masalah, posting saya sudah mencapai 20an post. Rasanya malas jika harus membaca dan menyunting ulang semua posting saya. Solusi sementara: saya biarkan, tetapi saya akan terus memperbaiki skill saya dalam menyusun kalimat yang komunikatif. Dengan begitu, diharapkan posting-posting saya selanjutnya akan lebih mudah dipahami
  2. Istilah-istilah kedokteran yang tidak familier bisa menjadi masalah dalam memahami isi artikel. Tapi tenang, untuk masalah yang ini saya sudah punya solusi yang pas! Peran Online Medical Dictionary akan saya maksimalkan. Istilah medis yang kurang familier akan saya link dengan salah satu dari beberapa situs penyedia kamus kedokteran.
  3. Untuk masalah tampilan dan tata letak artikel, menurut saya ini cuma masalah selera. Tampilan akan saya ubah jika saya mendapat ide baru. Untuk kerapian, akan coba saya atasi dengan mengedit ulang tiap posting.
  4. Blog sepi? Sepertinya ini masalah yang selalu dialami oleh para admin blog baru. Untuk sementara ini saya akan mempersiapkan blog saya (dari segi artikel, tampilan, dan elemen lainnya) agar siap dipromosikan. Menurut saya, percuma saja dipromosikan, kalau blognya sendiri masih belum layak release. Mungkin 1-2 bulan lagi, promosi akan mulai saya gencarkan.
  5. Untuk klasifikasi kategori, saya masih bingung. Rencananya saya akan buat kategori seperti referensi penyakit dalam, kesehatan anak, penyakit tropis, dan semacamnya. Tapi berhubung artikel saya belum terlalu banyak dan juga pengetahuan saya dalam mengelompokkan belum ada, akhirnya perbaikan poin ini mungkin akan saya tunda dulu.
Sekarang mari kita tentukan prioritas utama, langkah yang paling mungkin saya lakukan untuk waktu dekat. Poin 3 mungkin adalah langkah yang paling realistis. Saya tinggal screening ulang semua artikel saya, dan memasang link pada tiap-tiap istilah medis.

Rencana sudah beres, sekarang ACTION !!! Salam Hoki !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar